MENSTRUASI ( HAID / DATANG BULAN 🌜)

Hallo teman teman !✋ 

 πŸŒΈ Salam sehat !🌸

    Kali ini aku akan memberi sedikit pengetahuan tentang menstruasi, menstruasi terjadi pada remaja wanita saat mengalami pubertas. menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan . menstruasi. menstruasi berulang setiap bulan selama 28 - 35 hari sekali, dan dari hitungan hari tersebut pada akhirnya akan membentuk siklus menstruasi.
     Menstruasi akan terjadi selama 5 - 7 hari darah akan keluar dari kelamin (vagina) yang disertai dengan nyeri bagian perut sampai rahim. hal ini disebabkan karena tegangnya otot disekitar perut. sehingga biasanya menimbulkan rasa yang tidak nyaman. 





Berikut tips untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi :



 KOMPRES BAGIAN PERUT MENGGUNAKAN AIR HANGAT

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dirumah maupun diluar rumah, dengan cara mengompres bagian perut menggunakan air hangat yang dimasukan dalam botol atau alat kesehatan WWZ (Warm Water Zak). Manfaat air hangat untuk mengurangi nyeri menstruasi yaitu suhu panas yang ditimbulkan air hangat akan membantu melancarkan aliran darah dari bagian panggul serta dapat mengendurkan otot - otot perut yang tegang serta membuat pasien merasa rileks dan nyaman saat melakukan aktivitas dan istirahat.

Catatan : Botol yang digunakan yaitu botol plastik tebal maupun botol kaca, alat kesehatan WWZ 
(Warm Water Zak). Apabila terasa panas botol maupun WWZ dapat dilapisi dengan kain atau handuk. 


                       MENGENDALIKAN EMOSI/ MOOD

   Menstruasi dapat menyebabkan mood atau emosi tidak terkontrol, hal ini dipengaruhi oleh rasa sakit yang ditimbulkan. sehingga mood akan berubah menjadi emosi yang ditandai dengan perasaan marah - marah. ketidakstabilan mood ini yang dinamakan mood swing yang disebabkan karena naik turunnya kadar hormon esterogen disepanjang siklus menstruasi. mood swing tersebut dapat dikendalikan dengan cara minum jus sayur atau buah, banyak mengonsumsi air putih, dan hindari minuman alkohol dan minuman yang mengandung kafein. dan perbanyak istirahat hindari pekerjaan yang berat - berat.  



                    MINUM OBAT ANTI NYERI ATAU JAMU 

Nyeri haid seringkali dialami oleh wanita, secara umum nyeri haid terjadi ketika dinding otot rahim begerak dan menekan pembuluh darah yang ada di dekatnya. hal ini menyebabkan pasokan oksigen ke rahim menjadi terhenti. bila pasokan oksigen terhambat akan menyebabkan tubuh mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit dan memproduksi prostaglandin, prostaglandin ini akan memicu otot - otot melakukan kontraksi sehingga meningkatkan rasa sakit. agar nyeri haid tidak mengganggu aktifitas dapat menggunakan obat anti nyeri seperti : ibu profen, paracetamol, asam mefenamat. lebih baik lagi mengonsumsi jamu herbal karena obat yang terbuat dari bahan herbal jarang terjadi efek samping yang ditimbulkan. serta jamu dapat meningkatkan nafsu makan saat terjadi menstruasi. diharapkan pasien mengonsumsi jamu yang masih baru dibuat, untuk lebih praktis dapat menggunakan jamu herbal kemasan yang dijual di toko maupun supermarket terdekat. jamu yang biasa digunakan yaitu campuran kunyit dan asam jawa (kunirasem). dari kandungan kunyit yang dapat membantu proses saluran pencernaan sehingga rasa nyeri dapat berkurang. 


                    BANYAK MENGONSUMSI AIR PUTIH

   Nyeri menstruasi merupakan nyeri yang dirasakan wanita saat awal sampai menstruasi berakhir, cara untuk menghilangkan nyeri menstruasi dengan cara memperbanyak mengonsumsi air putih, karena air putih berfungsi melemaskan atau mengendurkan otot - otot perut yang tegang serta membuat darah yang keluar dari vagina menjadi lebih encer serta tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. 

 πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

 tips - tips yang lain yang dapat dilakukan yaitu :

1. Menjaga kebersihan lingkungan khususnya tempat tidur dan saat 
   mandi. 
2. Istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga agar tidak cepat 
   lemas.
3. Mengganti pembalut minimal 4 kali sehari. jika lebih itu lebih 
   baik karena mengurangi lembabnya vagina sehingga tidak ditumbuhi
   oleh mikroorganisme yang dapat mempengaruhi kesehatan vagina. 
4. Rajin olahraga, contoh : lari kecil, yoga
5. Mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi
6. Mengonsumsi tablet penambah darah untuk menggantikan darah kotor 
   yang keluar pada saat menstruasi.
7. saat darah yang keluar banyak maka hindari olahraga berenang.
8. Selalu sedia pembalut dan tissue untuk mencegah darah tembus dan 
   tissue untuk membersihkan vagina setelah buang air.
9. Untuk usia yang sudah menikah, hindari hubungan seksual saat 
   menstruasi.
10. Selalu menghitung dan memberi tanda di kalender untuk mengetahui
    siklus menstruasi.
11. konsultasi ke dokter apabila ada gangguan atau permasalahan saat
    menstruasi.

Semoga bermanfaat jangan lupa untuk mencobanya !
Thankyou GBU ✌

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBAT CODEINE HCL

All about adel🌜

POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA