OBAT CODEINE HCL



CODEIN HCL

Komposisi :
Tiap 1 tablet mengandung :
Codeine HCL 20 mg

Indikasi :
Sebagai analgetik ( mengurangi rasa nyeri ) ringan sampai sedang, dan untuk meredakan gejala batuk dan sakit diare.

Efek Samping :
- Gangguan saluran pencernaan (diare, sembelit, tukak lambung)
- mulut dan bibir terasa kering
- Badan terasa lemas dan mudah mengantuk
- Dalam penggunaan jumlah banyak dapat menyebabkan ketergantungan dan kerusakan pada organ hati dan ginjal.

Dosis :
2 - 6   th 2,5 mg - 5 mg   3 kali sehari
6 - 12 th  5   mg - 10 mg 3 kali sehari
> 12 th    10 mg - 20 mg 3 kali sehari 

Mekanisme Kerja Obat :
Codein merupakan agonis opiat di sistem saraf pusat (SSP), mirip dengan turunan fenantrena lainnya seperti morfin. obat ini bekerja selektif pada reseptor dengan afinitas yang jauh lebih lemah dibandingkan morfin, proses ini dapat menyebabkan berkurangnya rasa sakit dan membuat otot rileks pada bagian usus dan otot perut saat menekan batuk.

Keterangan : 
Obat Codeine Hcl ini merupakan obat golongan narkotika, obat ini dalam jumlah sedikit dapat menyembuhkan tetapi dalam jumlah banyak dapat  menyebabkan ketergantungan dan kerusakan sistem saraf. pemakaian codeine lebih baik untuk pasien yang berusia 12 tahun ke atas dengan kasus pengobatan nyeri atau sebagai campuran obat batuk yang sangat akut dan tidak kunjung sembuh atau yang parah dan tidak dapat disembuhkan dengan obat - obat golongan dibawah narkotika. karena termasuk obat golongan narkotika penggunaannya tidak sembarang dan harus menggunakan resep dokter, karena apabila dijual bebas maka obat dapat disalahgunakan. 

Obat codeine di indonesia selama hanya diproduksi oleh PT. Kimia Farma, karena PT Kimia Farma termasuk Badan Usaha Milik Negara setiap produksi dan distribusi ke tempat pelayanan kesehatan selalu diawasi oleh Badan penanggung jawab Kementrian Kesehatan agar tidak terjadi penggunaan yang secara bebas dan tidak salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. setiap bulan dan setiap tahun terdapat pelaporan ke Dinas Kesehatan meliputi pemasukan dan pengeluaran serta pemusnahan obat.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

All about adel🌜

POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA